Konsep Manajemen Pemasaran. Kottler (1997) menjelaskan lima konsep alternatif dalam manajemen pemasaran, yaitu:
Konsep ini masih berlaku ketika permintaan akan suatu produk lebih besar daripada pasokan, dan itu terjadi ketika biaya produk tinggi dan produktivitas perlu ditingkatkan untuk mengurangi biaya.
Konsep ini umumnya berlaku untuk barang-barang yang mungkin tidak terpikirkan oleh konsumen untuk dibeli, seperti asuransi. Industri harus pandai melacak calon pelanggan dan menjual manfaat produk kepada konsumen dengan tujuan menjual barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan, bukan produk yang diinginkan konsumen.
Ketika penjualan mulai menurun, pertumbuhan produk melambat, pola pembelian berubah, persaingan meningkat, dan harga pokok penjualan meningkat, konsep pemasaran dimulai.
Konsep ini mengajak pemasar untuk membangun pertimbangan sosial dan etika ke dalam praktik pemasaran mereka. Hal ini untuk menyeimbangkan dan menyesuaikan tiga faktor utama yang penting, yaitu keuntungan perusahaan, pemenuhan kebutuhan konsumen dan kepentingan umum.
Untuk lebih memahami konsep tersebut, Grameds dapat mengembangkan wawasan dan pengetahuannya dengan melakukan penelitian melalui buku “Basic Strategic Concepts in Marketing Management”.
- Konsep produksi
Konsep ini masih berlaku ketika permintaan akan suatu produk lebih besar daripada pasokan, dan itu terjadi ketika biaya produk tinggi dan produktivitas perlu ditingkatkan untuk mengurangi biaya.
- Konsep produk
- Konsep penjualan
Konsep ini umumnya berlaku untuk barang-barang yang mungkin tidak terpikirkan oleh konsumen untuk dibeli, seperti asuransi. Industri harus pandai melacak calon pelanggan dan menjual manfaat produk kepada konsumen dengan tujuan menjual barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan, bukan produk yang diinginkan konsumen.
- Konsep pemasaran
Ketika penjualan mulai menurun, pertumbuhan produk melambat, pola pembelian berubah, persaingan meningkat, dan harga pokok penjualan meningkat, konsep pemasaran dimulai.
- Konsep Pemasaran Sosial
Konsep ini mengajak pemasar untuk membangun pertimbangan sosial dan etika ke dalam praktik pemasaran mereka. Hal ini untuk menyeimbangkan dan menyesuaikan tiga faktor utama yang penting, yaitu keuntungan perusahaan, pemenuhan kebutuhan konsumen dan kepentingan umum.
Untuk lebih memahami konsep tersebut, Grameds dapat mengembangkan wawasan dan pengetahuannya dengan melakukan penelitian melalui buku “Basic Strategic Concepts in Marketing Management”.