Manfaat Pemasaran Online
Manfaat Pemasaran Online. Berikut ini merupakan beberapa manfaat menggunakan pemasaran online untuk bisnis Kamu sebagai berikut:
Manfaat Pemasaran Online
1. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen
Terdapat miliaran orang di dunia yang aktif menggunakan internet setiap harinya. Di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 200 juta orang yang menggunakan internet.
Terlebih lagi, berdasarkan hasil riset dari lembaga riset bahwa 70% orang lebih suka menggunakan media internet untuk mencari tahu produk daripada melalui iklan tradisional. Itu artinya, Kamu berpeluang menjangkau jutaan orang dengan pemasaran online.
Bandingkan jika Kamu masih menggunakan brosur yang disebar atau ditempel hanya di lokasi tertentu. Kamu mungkin hanya mampu menjangkau wilayah tertentu saja.
2. Menyasar Lebih Spesifik Audiens
Manfaat selanjutnya dari pemasaran online adalah Kamu dapat mengatur supaya iklan hanya tampil ke target audiens Kamu.
Misalnya, Kamu memiliki usaha baju wanita. Maka, Kamu bisa mengatur iklan untuk ditampilkan di audiens perempuan saja. Bahkan, di usia dan lokasi tertentu. Pun, Kamu juga dapat memilih iklan akan muncul di perangkat apa saja, baik di desktop maupun perangkat mobile.
Manfaat ini belum tentu bisa Kamu dapatkan di pemasaran tradisional. Semisal Kamu memasang iklan di spanduk atau baliho. Belum tentu target audiens Kamu akan melihat spanduk yang Kamu pasang.
3. Mudah Dalam Mengukur Performa
Manfaat selanjutnya Pemasaran online juga membantu Kamu lebih mudah mengukur performa.
Sebagai contoh saja, ketika Kamu memasang iklan di platform Google Ads, Kamu akan mendapatkan laporan performa iklan. Seperti jumlah orang yang melihat iklan, klik tombol tertentu, hingga jumlah orang yang membeli produk dari iklan tersebut.
Dengan metrik performa yang jelas, Kamu bisa mengetahui apakah pemasaran yang Kamu lakukan berhasil atau tidak. Pun, Kamu bisa mengetahui apakah perlu melakukan perbaikan di bagian tertentu, misalnya menambahkan budget, mengubah desain, dan sebagainya.
4. Biaya yang Dikeluarkan Relatif Lebih Terjangkau
Seperti halnya pemasaran tradisional, menjalankan pemasaran online tentu juga mengeluarkan biaya. Namun, biaya yang kamu keluarkan untuk melakukan promosi pemasaran online lebih terjangkau dan mudah balik modal. Sebab, iklan langsung dilihat oleh target konsumen.
Demikianlah penjelasan tentang Manfaat Pemasaran Online. Semoga menjadi bahan rujukan bagi kamu yang menjalankan bisnis online. Salam dari kami risetpasar.id
Manfaat Pemasaran Online
1. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen
Terdapat miliaran orang di dunia yang aktif menggunakan internet setiap harinya. Di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 200 juta orang yang menggunakan internet.
Terlebih lagi, berdasarkan hasil riset dari lembaga riset bahwa 70% orang lebih suka menggunakan media internet untuk mencari tahu produk daripada melalui iklan tradisional. Itu artinya, Kamu berpeluang menjangkau jutaan orang dengan pemasaran online.
Bandingkan jika Kamu masih menggunakan brosur yang disebar atau ditempel hanya di lokasi tertentu. Kamu mungkin hanya mampu menjangkau wilayah tertentu saja.
2. Menyasar Lebih Spesifik Audiens
Manfaat selanjutnya dari pemasaran online adalah Kamu dapat mengatur supaya iklan hanya tampil ke target audiens Kamu.
Misalnya, Kamu memiliki usaha baju wanita. Maka, Kamu bisa mengatur iklan untuk ditampilkan di audiens perempuan saja. Bahkan, di usia dan lokasi tertentu. Pun, Kamu juga dapat memilih iklan akan muncul di perangkat apa saja, baik di desktop maupun perangkat mobile.
Manfaat ini belum tentu bisa Kamu dapatkan di pemasaran tradisional. Semisal Kamu memasang iklan di spanduk atau baliho. Belum tentu target audiens Kamu akan melihat spanduk yang Kamu pasang.
3. Mudah Dalam Mengukur Performa
Manfaat selanjutnya Pemasaran online juga membantu Kamu lebih mudah mengukur performa.
Sebagai contoh saja, ketika Kamu memasang iklan di platform Google Ads, Kamu akan mendapatkan laporan performa iklan. Seperti jumlah orang yang melihat iklan, klik tombol tertentu, hingga jumlah orang yang membeli produk dari iklan tersebut.
Dengan metrik performa yang jelas, Kamu bisa mengetahui apakah pemasaran yang Kamu lakukan berhasil atau tidak. Pun, Kamu bisa mengetahui apakah perlu melakukan perbaikan di bagian tertentu, misalnya menambahkan budget, mengubah desain, dan sebagainya.
4. Biaya yang Dikeluarkan Relatif Lebih Terjangkau
Seperti halnya pemasaran tradisional, menjalankan pemasaran online tentu juga mengeluarkan biaya. Namun, biaya yang kamu keluarkan untuk melakukan promosi pemasaran online lebih terjangkau dan mudah balik modal. Sebab, iklan langsung dilihat oleh target konsumen.
Demikianlah penjelasan tentang Manfaat Pemasaran Online. Semoga menjadi bahan rujukan bagi kamu yang menjalankan bisnis online. Salam dari kami risetpasar.id